Dramatic Structure Strategies in the Creation of Children's Short Drama Scripts Based on Jambi’s Traditional Games Collections in Museum Siginjei
Keywords:
Jambi Traditional Games, Children's Drama, Scripts, Siginjei MuseumAbstract
Traditional games are one of the ten Objects of Cultural Advancement, which are essential to maintain, utilize, and innovate to maintain and pass them on to the next generation. The collection of Jambi traditional games at the Museum Siginjei Jambi is vital to continue to be preserved and passed on in innovative forms. One form of innovation is using a collection of Jambi’s Traditional Games as a source for creating children's short drama scripts. This research looks for dramatic structure strategies for creating short children's drama scripts based on five collections of Jambi’s Traditional Games at the Museum Siginjei Jambi. The qualitative interpretative approach is applied to interpret the data obtained according to the researcher's point of view and understanding. As a result of the dramatic structure strategy in creating five children's short drama scripts, it was found that the strategy applied was a strategy of repeating the same dramatic ladder structure from the beginning, the rise of the problem, the peak of the problem, to the resolution of the problem in each short children's drama script created.
Abstrak
Permainan tradisional adalah satu dari sepuluh Objek Pemajuan Kebudayaan, yang menjadi penting untuk dipertahankan, dimanfaatkan, dan dilakukan inovasi dalam upaya pemeliharaan, pewarisan kepada generasi berikutnya. Koleksi permainan tradisional Jambi di Museum Siginjei Jambi penting untuk terus dilestarikan dan diwariskan dalam bentuk yang inovatif. Salah salah satu bentuk inovasi yang dapat diterapkan dengan menjadikan koleksi permainan tradisional Jambi sebagai sumber penciptaan naskah drama pendek anak. Penelitian ini untuk mencari strategi struktur dramatik guna penciptaan naskah drama pendek anak yang bersumberkan lima koleksi permainan tradisional Jambi di Museum Siginjei Jambi. Metode kualitatif pendekatan interpretatif diterapkan guna menafsirkan hasil data yang diperoleh sesuai sudut pandang dan pemahaman peneliti. Hasilnya strategi struktur dramatik dalam menciptakan lima naskah drama pendek anak didapatilah bahwa strategi yang diterapkan adalah strategi pengulangan struktur tangga dramatik yang sama dari permulaan, tanjakan permasalahan, puncak permasalahan, hingga penyelesaian permasalahan di setiap naskah drama pendek anak yang diciptakan.
References
Ady Santoso, Irsyad Leihitu, dan Masvil Tomi. (2023). Sarung Siginjai Sebagai Sumber Penciptaan Naskah Lakon Perahu Paku. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 2(1). Hal 11-19 Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/psnip/article/view/261
Farida, D. N. (2017). Kritik Ekologi Sastra Puisi Perempuan Lereng Gunung Karya Ika Permata Hati dalam Antologi Puisi Perempuan di Ujung Senja Melalui Ekofeminisme Susan Griffin. BASINDO: Jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya, Vol. 01 No.2. Hal 48-52. http://dx.doi.org/10.17977/um007v1i22017p048
Ja’far. (1987). Peralatan Hiburan Dan Kesenian Tradisional Daerah Jambi. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Indonesia.
Riantiarno, N. (2003). Menyentuh Teater-Tanya Jawab Seputar Teater Kita. Jakarta: MU:3 Books.
RMA Harymawan. (1993). Dramaturgi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Santoso, Ady. (2022). Lagu Anak Anak Sebagai Sumber Penciptaan Karya Pertunjukan Teater Anak Lakon Fahira di Negeri Kodok. Jurnal Cerano Seni, Vol. 1, No. 1, 58-75 Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/gurindam/article/view/18419
Santoso, Ady. Dkk. (2023). Penciptaan Naskah Drama Pendek Anak Bersumberkan Koleksi Permainan Tradisional Anak Jambi di Museum Siginjei Jambi. Jurnal Cerano Seni, Vol. 2, No. 2, 1-13 Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/gurindam/article/view/29811
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ady Santoso, Irsyad Leihitu, Galuh Tulus Utama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Proceeding International Conference on Malay Identity (ICMI) is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di Proceeding International Conference on Malay Identity (ICMI) ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Proceeding International Conference on Malay Identity (ICMI) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Proceeding International Conference on Malay Identity (ICMI)