Analisis Perbandingan Kelayakan Usaha Tani Padi Organik Dan Konvensional (Studi Kasus: Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan Jawa Barat)

Authors

  • Ahmad Syariful Jamil BalaiPelatihanPertanian Jambi
  • Ismail Saleh Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
  • Iman Sungkawa Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon
  • Farida Mardhatilla Program Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon

Abstract

Peningkatan tren upaya intensifikasi melalui pemupukan organik akibat terjadinya degradasi lahan menghadapi berbagai tantangan. Salah satu tantangan penggunaan pupuk organik adalah kadar unsur hara yang terkandung di dalamnya rendah jika dibandingkan dengan pupuk anorganik. Implikasinya akan berupa penggunaan yang cukup besar guna memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman, sehingga secara langsung akan meningkatkan jumlah tenaga kerja dalam pengaplikasiannya. Dengan kata lain, peningkatan tenaga kerja tersebut akan berdampak pada peningkatan biaya produksi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menganalisis perbandingan kelayakan usahatani padi organik dengan konvensional. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Mei-September 2017 di Kelurahan Cigadung, Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Data yang digunakan merupakan data primer yang dibangkitkan melalui percobaan. Analisis pendapatan usahatani, rasio R/C dan rasio B/C digunakan guna memberikan gambaran secara menyeluruh terkait perbandingan pendapatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing keuntungan usahatani padi organik dan konvensionalberturut-turutsebesar Rp 18 249 000/ Ha dan 10 168 900/ Ha. Nilai R/C masing-masing untuk usahatani padi organik dan konvensional sebesar 2.21 dan 2, sedangkan rasio B/C sebesar 1.21 untuk usahatani padi organik dan 0.995 untuk usahatani padi konvensional. Pengaplikasian usahatani organik sangat prospektif untuk dikembangkan karena mempunyai tingkat keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan usatahani padi konvensional.

Downloads

Published

2019-11-26

How to Cite

Jamil, A. S., Saleh, I., Sungkawa, I., & Mardhatilla, F. (2019). Analisis Perbandingan Kelayakan Usaha Tani Padi Organik Dan Konvensional (Studi Kasus: Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan Jawa Barat). Seminar Nasional Pembangunan Pertanian Berkelanjutan Berbasis Sumber Daya Lokal, 530–539. Retrieved from http://conference.unja.ac.id/SemnasSDL/article/view/59