Pengembangan E-Book Menulis Teks Eksposisi Kelas X SMA

Authors

  • Riky Nelvia Destriani Universitas Jambi

Abstract

 

Banyak upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di sekolah, salah satunya dengan pengembangan bahan ajar. Bahan ajar menjadi komponen penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menguraikan proses pengembangan e-book pembelajaran menulis teks eksposisi berbasis pembelajaran abad 21 di kelas X SMA Negeri 11 Kota Jambi. E-book ini dibuat berdasarkan analisis kebutuhan siswa mengenai kebutuhan bahan ajar yang lebih lengkap. Instrumen penelitian berupa pengamatan, lembar angket dan wawancara. Dikarenakan beberapa faktor penyebab, proses pengembangan hanya dilakukan sebatas pengembangan produk yang menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. Pada tahap analisis, dihasilkan beberapa analisis kebutuhan yang membahas temuan masalah serta kebutuhan dalam proses pembelajaran menulis teks eksposisi. Selanjutnya pada tahap desain, ditentukan jadwal pengembangan dan menentukan struktur materi dalam produk. Lalu pada tahap pengembangan atau development, diperoleh hasil validasi ahli materi dan ahli bahan ajar yang dihitung menggunakan rumus skala likert untuk melihat pencapaian hasil produk yang efektif. Berdasarkan hasil validasi dari ahli bahan ajar diperoleh nilai rata-rata 68,88 pada tahap validasi pertama yang tergolong sedang dan perolehan nilai 80,00 dari tahap validasi akhir yang tergolong tinggi. Hasil validasi dari ahli materi pada tahap validasi pertama memperoleh nilai rata-rata 67,42 dengan kategori sedang dan tahap validasi akhir memperoleh nilai rata-rata 80,17. Dengan demikian produk pengembangan berupa e-book pembelajaran layak digunakan sesuai tahap pengembangan.

Downloads

Published

2022-07-05