Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII H dan VII I SMP Negeri 8 Kota Jambi

Authors

  • Riska Maulita Hasibuan Universitas Jambi

Abstract

 

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh media gambar pada pembelajaran menulis cerita fantasi siswa kelas VII H dan I. Metode penelitian di penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi dan tes pada siswa. setelah data  hasil tes terkumpul, data dianalisis secara kuantitatif menggunakan aplikasi  SPSS  25. Hasil penelitian pada penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan untuk mencari sendiri ide cerita yang akan mereka tulis dan kurangnya kaidah bahasa yang baik dan tepat karena ketidak mampuan yang siswa miliki. Siswa pada kelas eksperimen mendapatkan nilai 57,71 pada pretest dan 87,5 untuk postest yang mana menunjukkan bahwa terdapat kenaikan nilai yang signifikan. Berbanding terbalik dengan kelas kontrol yang mendapatkan nilai 59,43 untuk pretest dan 68,46 untuk postest yang mana terlihat tidak memiliki kenaikan nilai yang signifikan. Dari uji hipotesis atau uji t didapatkan nilai 9,937. Untuk t tabel mendapatkan 0,051. Sehingga T hit > T tabel, 9,937 > 0,051. dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha dalam penelitian ini diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan menulis teks cerita fantasi dengan media gambar.

 

Downloads

Published

2022-07-05