Implementasi Kurikulum Outcome Based Education (OBE) pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Keywords:
implementasi, kurikulum, Outcome Based Education (OBE)Abstract
Penerapan kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab merupakan upaya untuk menyiapkan lulusan yang memiliki keterampilan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kurikulum OBE di program studi tersebut, dengan fokus pada keterampilan yang mendukung kesiapan kerja, seperti kemampuan berpikir kritis, komunikasi efektif, kolaborasi, dan kreativitas. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum OBE telah meningkatkan relevansi pembelajaran dengan tuntutan dunia kerja, namun masih dihadapkan pada tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan perluasan kolaborasi dengan pihak eksternal. Temuan ini menunjukkan bahwa kurikulum OBE efektif dalam membekali mahasiswa dengan keterampilan praktis yang dibutuhkan dalam Industri 5.0, sekaligus mengembangkan potensi akademik dan profesional mereka. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi institusi pendidikan lain dalam menerapkan kurikulum OBE, khususnya pada program studi pendidikan bahasa Arab.
References
Ardyan, E., Boari, Y., Akhmad, A., Yuliyani, L., Hildawati, H., Suarni, A., & Judijanto, L. (2023). METODE PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF: Pendekatan Metode Kualitatif dan Kuantitatif di Berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak revolusi industri 4.0 pada sektor pendidikan: kajian literatur mengenai digital learning pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65.
Gupta, A., & Lanteigne, C. (2020). Response by the Montreal AI Ethics Institute to the European Commission’s Whitepaper on AI.
Hanafi, I. (2012). Re-orientasi keterampilan kerja lulusan pendidikan kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1).
Hasim, H. (2022). The Role of Outcome-Based Education in Improving Students’ Motivation and Engagement: A Case Study. Journal of Educational Research and Practice, 14(2), 89-101.
Jones, S. (2021). Outcome-Based Education and the Development of Analytical and Critical Thinking Skills. Educational Innovations Journal, 15(4), 73-85.
Khan, M. et al. (2021). Implementing Outcome-Based Education in Higher Learning Institutions: A Systematic Review of Challenges and Opportunities. Education and Development Research, 18(3), 231-247.
Khotimah, I., & Wiyono, D. (2022). Pengaruh employability skill terhadap kesiapan kerja siswa lpp ariyanti. Indonesian Journal of Office Administration, 4(1), 124–133.
Komalasari, G., & Hidayat, D. R. (2022). Penerapan Program Employability Skills Pada Calon Guru Bimbingan Dan Konseling Di Perguruan Tinggi Se-DKI Jakarta. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(3), 49–56.
Kurniadi, E., Nurzaman, M., & Gusriani, N. (2023). Desain Kurikulum dan Konversi Hasil Kegiatan MBKM Program Studi Sarjana Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 2052–2060.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis. Fourth Edi). SAGE Publication. Ltd.
Moleong, L. J., & Edisi, P. R. R. B. (2004). Metodelogi penelitian. Penerbit Remaja Rosdakarya.
Muzakir, M. I. (2023). Implementasi Kurikulum Outcome Based Education (Obe) Dalam Sistem Pendidikan Tinggi Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukasiana: Journal of Islamic Education, 2(1), 118–139.
Nahdiyah, A. C. F. (2023). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(2).
Nilasari, S. (2020). Pendidikan di era revolusi industri 5.0 terhadap disiplin kerja guru. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Newble, D., & Cannon, R. (2020). A Handbook for Teachers in Higher Education: Formative and Summative Assessment in Outcome-Based Education. Oxford University Press.
Singaravelu, S. (2019). Project-Based Learning as an Approach to Bridge the Gap between Academic Skills and Industry Needs. Higher Education Journal, 12(1), 45-60.
Sobri, M., Muid, A., & Daud, S. M. (2021). Penggunaan model Pembelajaran case method dalam mengatasi demotivasi belajar during mata kuliah muhadatsah Lil Mubtadiin Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi. AD-DHUHA: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Budaya Islam, 2(2), 1–12.
Suarta, I. M., Hardika, N. S., Sanjaya, I. G. N., & Arjana, I. W. B. (2015). Model authentic self-assessment dalam pengembangan employability skills mahasiswa pendidikan tinggi vokasi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 46–57.
Tosepu, Y. A. (2019). Mentransformasi Perguruan Tinggi Menjadi Pusat Keterampilan, Inovasi dan Kewirausahaan. Makassar: The Future of Global Higher Education.
Yusof, M. (2020). Outcome-Based Education in the Era of Industrial Revolution 4.0: Challenges and Prospects. Asian Education Studies, 10(3), 122-134.
Zainal, Z. (2021). Konsep Kampus Merdeka Belajar dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (pp. 73–80).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Sobri, Ady Muh. Zainul Mustofa, Agung Yusup
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Proceeding International Conference on Malay Identity (ICMI) is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di Proceeding International Conference on Malay Identity (ICMI) ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Proceeding International Conference on Malay Identity (ICMI) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Proceeding International Conference on Malay Identity (ICMI)