Analisis Margin Pemasaran Ikan Dalam Kerambah Di Kecamatan Pemayung Kabupaten Batang Hari

Authors

  • Uliya Uliya Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Graha Karya Muara Bulian
  • Rina Gusniyati Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Graha Karya Muara Bulian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis margin pemasaran ikan dalam kerambah di Kecamatan Pemayung Kabupaten Batang Hari, dan dari penelitian terdapat 2 saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran 1 dari petani ikan dalam kerambah ke pedagang pengumpul ke pedagang pengecer ke konsumen, dan saluran pemasaran ke 2 dari petani ikan dalam kerambah ke pedagang pengumpul ke konsumen.Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan lokasi tersebut merupakan salah satu daerah yang berpotensi budidaya ikan dalam kerambah terbesar di Kabupaten Batang Hari.Data yang di peroleh dari data primer dan data sekunder,pengolahan data dilakukan untk melihat margin pemasaran saluran 1 dan saluran 2 dengan cara matemayis menggunakan rumus MP = Pr – Pf dimana MP = Margin Pemasaran. Pr = Harga Konsumen, Pf  = Harga Produsen, berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan margin pemasaran pada saluran pertama untuk pedagang pengumpul sebesar Rp.5.000,- tanpa ada pedagang pengecer.Sedangkan margin pemasaran saluran kedua terdapat pada pelaku pemasaran yakni pedagang pengumpul dan pedagang pengecer sebesar Rp.7.750,-. Dari hasil diatas maka terdapat perbedaan harga dari kedua saluran tersebut sebesar Rp.2.750,- hal ini disebabkan pada saluran kedua adanya pedagang pengecer selain pedagang pengumpul.

Downloads

Published

2019-11-01

How to Cite

Uliya, U., & Gusniyati, R. (2019). Analisis Margin Pemasaran Ikan Dalam Kerambah Di Kecamatan Pemayung Kabupaten Batang Hari. Seminar Nasional Pembangunan Pertanian Berkelanjutan Berbasis Sumber Daya Lokal, 794–805. Retrieved from https://conference.unja.ac.id/SemnasSDL/article/view/84