Penanganan Keterlambatan Berbicara pada Anak Melalui Dongeng Fabel Menggunakan Media Boneka Jari pada Anak Usia Dini
Keywords:
anak usia dini, bercerita, boneka jari, fabel, keterlambatan bicaraAbstract
Permasalahan keterlambatan bicara pada anak prasekolah merupakan keluhan utama paling sering dikeluhkan orang tua. Setiap tahunnya, kasus keterlambatan bicara dipastikan mengalami peningkatan. Anak yang mengalami keterlambatan berbicara akan menghadapi beberapa masalah dalam proses belajarnya di sekolah, diantaranya kesulitan belajar, membaca, menulis, dan beberapa masalah akademik lainnya secara menyeluruh. Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui dongeng fabel menggunakan boneka jari. Penelitian ini bertujuan mengetahui proses penggunaan dongeng fabel menggunakan boneka jari dalam menangani keterlambatan bicara pada anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menggambarkan usaha yang dilakukan oleh pendidik dalam penanganan keterlambatan bicara anak yaitu dengan menggunakan metode fabel melalui boneka jari. Pemberian ransangan dengan “bermain peran” menggunakan boneka jari sebagai media yang menumbuhkan rasa percaya diri pada anak usia dini, melahirkan interaksi secara langsung antara anak dan guru untuk menjalin komunikasi dan stimulus kepada anak. Perlahan anak yang mengalami keterlambatan bicara mulai membuka diri dan mau mengucapkan kata-kata meskipun masih terbata-bata.