Kreativitas Konten Bahasa dan Sastra Indonesia melalui Media Sosial “Instagram”
Keywords:
bahasa Indonesia, media sosial, instagramAbstract
Abstrak
Media sosial merupakan wadah yang dapat dijadikan media untuk mempublikasikan konten kreatif. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan menganalisis konten kreatif dari para kreator dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia. Penelitian menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini terdiri dari lima konten edukatif dari instagram mengenai bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan adanya krativitas yang berbeda dari masing-masing konten kreator walaupun dalam bidang yang sama. Konten edukasi bahasa dan sastra Indonesia yang digunakan kreator lebih terfokus sesuai dengan kebutuhan yang masyarakat perlukan. Dilihat dari kajian teori belajar para konten kreator menggunakan konsep stimulus dan respon, agar dapat menghasilkan kreativitas konten yang menarik sehingga banyak disukai.
Kata kunci: Kreativitas, Konten, Bahasa dan Sastra Indonesia, Media Sosial, Instagram.
Abstract
Social media is a platform that can be used as a medium to publish creative content. The purpose of this research is to explore and analyze creative content from creators in the field of Indonesian language and literature. The research used qualitative descriptive analysis method. The data in this study consisted of five educational contents from Instagram regarding Indonesian language and literature. The results show that there are different creativities from each content creator even though they are in the same field. The educational content of Indonesian language and literature used by creators is more focused according to the needs of the community. Judging from the study of learning theory, content creators use the concept of stimulus and response, in order to produce interesting content creativity so that it is widely liked.
Keywords: Creativity, Content, Indonesian Language and Literature, Social Media, Instagram.